Cara Tepat Pemijahan Ikan Koi

Teknik pemijahan untuk ikan koi ini merupakan salah satu hal yang sering dilakukan sebagaian breeder ikan koi yang bertujuan untuk melakukan serangkaian kegiatan dalam mempersiapkan penetasan telur ikan koi, dan dalam hal ini juga termasuk kedalam tahap penyortiran awal bibit ikan koi. Namun,masih banyak saja orang yang belum paham betul mengenai tahapan-tahapan dalam pemijahan ikan koi. Maka,kali ini kami akan sedikit menjelaskan kepada anda tentang tahapan pemijahan ikan koi dengan detail.

Cara Tepat Pemijahan Ikan Koi

Dari waktu ke waktu, jenis ikan koi kualitas lokal sedikit tidak dapat mengalami sebuah peningkatan kualitas yang berlangsung secara signifikan. Dan tentunya dengan hal semacam ini dapat menarik pangsa pasar ikan koi khusus nya koi lokal kian membesar,dan tentunya dari segi kualitas ikan koi juga tidak terlalu jauh dengan ikan koi jenis import.

Yang mana jenis ikan koi import untuk saat ini terlampau cukup mahal,maka dari itu tumbuh inovasi baru dengan menumbuhkan jenis Ikan koi lokal yang mana menjadi lebih bersaing dari segi harga.

Budidaya ikan koi memang cukup menjanjikan,dan juga begitu mudah untuk dilakukan. Untuk memulai budidaya ikan koi ini,anda harus terlebih dahulu mengerti tentang tahapan-tahapan budidaya ikan koi,yang mana hampir sama dengan budidaya ikan mas. Hanya saja yang menjadi krusial adalah adanya ketersediaan bibit unggul dan berkualitas.

PEMIJAHAN IKAN KOI

Pemijahan ikan koi atau dalam istilah umum adalah peristiwa pembuahan sel telur ikan koi betina oleh sel sperma ikan koi jantan,pemijahan ini merupakan hal yang penting untuk menghasilkan bibit ikan koi yang baik. Proses ini dilakukan di kolam khusus.

Kebanyakan pembudidaya ikan koi ini akan serentak untuk menggunakan kolam khusus untuk pemijahan yang biasanya hanya mempunyai ukuran 5 meter x 7 meter. Setelah kolam disiapkan, maka tahap selanjutnya adalah memasangkan indukan ikan koi yang sudah cocok kedalam kolam pemijahan,dan untuk hasil yang jauh lebih efektif maka ada baiknya untuk segera dimasukkan pada waktu sore hari yaitu sekitar pukul 16.00 dan nantinya ikan koi ini akan mulai memijah yang di perkirakan terjadi tengah malam.

●      Sediakan Kolam Pemijahan

Saat anda hendak menjalani tahap pemijahan, maka sebaiknya pemijahan ikan koi ini anda lakukan pada kolam tembok yang sudah diplester,dan juga pada bagian permukaannya. Hal ini mempunyai tujuan untuk menjaga agar sisik pada ikan Koi dari terlindung dari berbagai kerusakan,yang mana kerusakan ini terjadi jika terdapat pergesekan saat akan melakukan pemijahan. Idealnya, kolam pemijahan minimal mempunyai ukuran antara 3×6 meter dengan tingkat kedalaman kolam minimal 60 meter dengan ketinggian air minimal sekitar 40 cm.

Pastikan juga agar kolam pemijahan memiliki sirkulasi air yang cukup baik dan terjaga agar supaya tetap lancar, pada setiap saluran air yang masuk dan untuk pembuangan diberi saringan yang halus. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya hama atau jenis hewan yang dinilai sebagai pengganggu yang hendak masuk ke dalam kolam, selain itu juga saringan ini difungsikan sebagai pencegah agar telur dan juga larva hasil dari proses pemijahan tidak terbawa hanyut oleh air.

Setelah anda selesai untuk membuat kolam pemijahan, maka sebaiknya kolam anda keringkan terlebih dahulu selama beberapa hari atau cukup 2 hari saja,hal ini ditujukan untuk menghilangkan sumber panyakit yang membahayakan telur dan larva ikan koi.

●      Proses Pemijahan

Setelah kolam pemijahan ini siap untuk di pakai, maka selanjutnya anda bisa memasukan terlebih dahulu indukan ikan Koi betina, setelah berselang setidaknya 2-3 jam maka lepaskan juga indukan pejantan. Proses pemijahan ini biasanya akan berlangsung pada malam hari atau biasa dilakukan pada waktu hampir subuh, untuk meminimalisir kegagalan dalam proses pemijahan maka setidaknya anda harus memasukan kurang lebih sekitar 3 sampai 5 ekor indukan jantan, sehingga denagn begitu telur-telur ini bisa dibuahi secara maksimal.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>