Keren Nih!!! Berdayakan Ibu-ibu dengan Membuat Tas Rajut

Siapa yang menyangka, tas rajut yang cantik, indah dan tersedia dengan pilihan model dan warna ini adalah buatan tangan ibu-ibu Desa Mangunrejo, Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Uniknya lagi.

Tas rajut ini adalah hasil karya ibu-ibu usai menghadiri kegiatan taman posyandu (Tapos). Wajar saja bila kegiatan rajut ini terlaksana di salah satu ruangan yang tersedia di dekat kantor desa Mangunrejo, yang juga lokasi kegiatan Tapos. “Awalnya saya belajar otodidak dari youtube, lalu sekalian say ajak ibu-ibu untuk bikin bersama,” ungkap Dwiningsih Desiani. Perempuan yang akrab disapa Desi ini menceritakan bila kegiatan rajut tas ini sudah ada sejak tahun 2016.

Simak nih Kesalahan dalam Memberi Makan Koi

Awalnya hanya sekitar dua hingga tiga orang saja yang bergabung dengan Desi untuk membuat tas rajut, lama kelamaan bertambah banyak. Hingga kini, sudah ada sekitar dua puluh ibu-ibu yang tergabung, dan sepuluh diantaranya sudah mampu merajut tas secara mandiri. Diakui oleh Desi bila bahan untuk membuat tas rajut ini difasilitasi oleh badan usaha milik desa (Bumdes) yang nantinya juga akan dibeli setelah tas rajut sudah jadi.

Dalam waktu satu minggu kegiatan membuat tas rajut ini dilaksanakan sebanyak dua kali di studio rajut sebelah kantor desa setiap Hari Jumat dan Sabtu. “Kalau untuk desain tas dari saya, kadang juga ide teman-teman. Makin kesini makin banyak pilihan,” papar istri Kepala Desa Mangunrejo ini. Ibu dua anak ini juga menjelaskan bila untuk proses pembuatan tas rajut membutuhkan waktu hingga dua hari. Tas rajut yang di produksi ibu-ibu Desa Mangunrejo ini tersedia berbagai model, mulai dari ransel, tas samping, dan totebag dengan berbagai ukuran dan variasi warna hingga motif. Desi menjelaskan, kegiatan membuat tas rajut ini untuk memanfatkan waktu luang ibu-ibu agar dapat menghasilkan barang bernilai guna dan bernilai ekonomis. Tidak salah bila, semakin hari pelatihan tas rajut ini semakin diminati ibu-ibu. (rie )

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>