Khasiat Utama Buah Naga bagi Tubuh,Perhatikan Jumlah Konsumsinya

Efektivitas buah naga merah sudah dikenal luas, terutama khasiatnya dalam menjaga kesehatan tubuh. Jenis buah naga sendiri adalah salah satu buah yang sangat mudah dikenali karena memiliki bentuk yang unik. Di Indonesia ada dua jenis buah naga yang populer dan terkenal di kalangan masyarakat, yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Buah naga atau nama lain hylocereus undatus, termasuk tanaman kaktus dari Amerika Tengah. Buah naga muncul dari kaktus yang mekar di sore hari. Kemudian layu ketika pagi tiba. Buah naga memiliki bunga yang sangat indah, dan karena keindahan bunganya, bunga buah naga dijuluki moonflower atau ratu malam.

Khasiat Utama Buah Naga bagi Tubuh,Perhatikan Jumlah Konsumsinya

Meskipun buah naga sebenarnya memiliki beberapa jenis, efektivitas buah naga merah tidak kalah dengan sifat buah naga putih atau kuning. Bahkan masyarakat meyakini bahwa efektivitas buah naga merah sebenarnya lebih dari efektivitas buah naga putih, terutama efektivitas buah naga merah untuk kesehatan.

Efektivitas buah naga merah terkait erat dengan kandungan berbagai nutrisi yang dikandungnya seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, protein, kalsium, serat, captine dan kandungan antioksidan yang tinggi. Jadi jangan heran jika tubuh memperhatikan keefektifan buah naga merah. Meskipun khasiat buah naga merah cukup besar, ini tidak berarti bahwa mereka dapat mengkonsumsinya terlalu banyak.

Kandungan gula dalam buah naga merah tidak setinggi buah naga putih, tetapi baik dikonsumsi dalam jumlah sedang. Nah, mungkin Anda penasaran dengan khasiat buah naga merah apa yang bisa didapat dari tubuh. Menurut Liputan6.com, berbagai sumber telah merangkum sifat-sifat buah naga merah,

1. Menurunkan berat badan

Saat Anda menurunkan berat badan, mengisi perut Anda dengan makanan berserat tinggi dapat membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama. Konsumsi buah naga tidak hanya memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, tetapi juga kandungan kalori yang relatif rendah.

Karena itu, akan sangat baik jika dikonsumsi selama program diet. Namun, jumlah konsumsi harus diperhitungkan, karena pada akhirnya makan berlebihan dapat menambah berat badan.

Karena kandungan serat atau serat dalam buah naga cukup tinggi, sangat berguna untuk membantu pencernaan dan juga bisa menjadi obat untuk konstipasi atau sembelit. Ini karena serat memang berguna untuk menipiskan tinja agar lebih lembut dan lebih mudah keluar dari selokan dalam tubuh.

 2. Mencegah kanker

Seperti buah merah lainnya, buah naga merah juga mengandung likopen. Zat likopen itu sendiri dalam buah naga merah memiliki fungsi yang seharusnya bertanggung jawab atas warna merah pada buah naga itu sendiri. Kandungan likopen juga telah terbukti mengurangi risiko kanker prostat.

Tingkat serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2 dalam buah naga merah juga dapat membantu menghilangkan racun logam dari tubuh yang merupakan penyebab kanker. Selain beberapa bahan yang tercantum di atas, buah naga merah juga kaya antioksidan hytoalbumin, yang dapat membantu mencegah radikal bebas di dalam tubuh.

3. Cegah tekanan darah tinggi

Kandungan likopen dalam buah naga merah tidak hanya dapat bertindak sebagai zat pencegah kanker, tetapi juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Ini bukan karena kandungan biji buah naga tampaknya sangat tinggi lemak omega-3 dan omega-6, kedua jenis lemak omega dapat membantu tubuh meringankan penyakit kardiovaskular.

4. Cegah diabetes

Kandungan gula dalam buah naga merah sangat rendah dan baik bila dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, buah naga merah juga mengandung antioksidan yang mencegah timbulnya diabetes mellitus.

Kandungan antioksidan ini dapat membunuh sel jahat yang biasanya disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Bahkan jika kadar gula rendah, itu harus tetap dalam batas normal ketika dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *