Potensi Tersembunyi Gethuk Pisang Desa Klampitan

KEDIRI KABUPATEN- Manis dan legit. Kata yang cocok disematkan di Gethuk pisang khas Desa Klampitan Kecamatan Purwoasri ini.

Gethuk pisang Raja Nangka merupakan salah satu produk unggulan Desa Klampitan Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri setelah produk bordirnya. Gethuk pisang sendiri adalah salah satu makanan khas Kediri yang bisa dijadikan buah tangan para wisatawan yang berkunjung di Kediri. Bapak Suryono (50) penduduk asli Desa Klampitan ini melakukan produksi gethuk pisanngnya sejak tahun 1996 “Saya dan istri sudah 22 tahun menekuni usaha ini”,pungkasnya.

Ini nih Kesalahan dalam Memberi Makan Koi

Produksi gethuk pisang raja nagka ini juga tergantung pesanan seperti yang dikatakan Nur Rohmah (49) selaku istri Suryono “ Kalo pesenan banyak ya baru bikin banyak mbak, kalau nggak ada pesenan ya kami bikinnya sedikit hanya 50 gethuk”. Yang membuat gethuk pisang milik Pak Suryono berbeda dengan produksi gethuk pisang yang lainnya terletak pada bahan bakunya, “ Kita tetep menggunakan bahan baku Pisang Raja Nangka mbak, aroma dan manisnya sudah bawaan dari pisanngnya. Pernah sesekali mencoba pisang yang lain hasilnya gethuk lebih padat seperti ada campuran ketela”, pungkasnya sambil menata daun pisang untuk kemasan gethuknya.

Walaupun Suryono membuka usahanya sejak 1996, ia mengaku jumlah produksinya tidak pasti. “ Pernah kami mendapat pesanan sebanyak 1.000 gethuk pisang untuk keluar daerah. Rata-rata pesanan 400 buah gethuk pisang, tapi pernah juga kami tidak menerima pesananan gethuk”, ujarnya. Namun Suryono dan istri tidak menyerah dengan menitipkan gethuk pisangnya ke warung dan pasar. Untuk varian harga tergantung ukuran gethuk pisang “ Yang paling besar Rp 5.000, untuk ukuran yang biasanya di pesan Rp 2.000. Namun bila ada pesenan ukuran kecil seukuran paralon, kami tidak menerimanya karna nggak telaten”, terang Nur Rohmah sambil mengemas gethuk pisangnya.

 Dalam pembuatannya sendiri mereka tidak memiliki rahasia khusus “ Ya pisangnya dikukus saja minimal 6 jam, bila kurang manis kami tambah gula putih sedikit”, terang Nur Rohmah. Untuk daya tahan gethuk pisang Raja Nangka milik Suryono ini mampu bertahan 3 s/d 4 hari “ Tergantung dari pisangnya, bila pisangnya ndalu hanya bertahan 3 hari”, ujarnya sambil tertawa

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>