Sosok Kades Kuncinya Sabar Untuk Membangun Desa

Menjadi salah satu orang penting di desa memang tidak mudah. Perlu adaptasi, hingga pintar membawa diri dalam situasi. Begitulan yang selalu berusaha diterapkan oleh Hariman Sutawijaya, Kepala Desa Rembang, Ngadiluwih Kabupaten Kediri.

“Ya hidup itu untuk belajar, sejak jadi kelapa desa. Saya kembali lagi belajar dengan yang namanya sabar,” ungkapnya saat dijumpai Jawa Pos Radar Kediri. Hari menjelaskan bila menghadapi warganya yang beraneka ragam dan karakter. Membuatnya harus melatih kesabarannya. Tidak jarang dalam memberikan pelayanan, masih terdapat warga yang tidak memnuhi syarat. Seperti tidak membawa akta kelahiran, kartu keluarga (KK) ataupun kartu tanda penduduk (KTP). Bagi ayah satu anak ini, birokrasi memang penting. Namun ia mencoba memahami, bila tidak semua warganya paham betul terhadap hal tersebut.

Punya ikan Koi Sendiri? Simak nih Kesalahan dalam Memberi Makan Koi

“Saya tetap layani, hanya tetap saya ingatkan untuk persyaratan yang belum lengkap agar segera dilengkapi. Karena pelayanan kadang berlanjut hingga Kecamatan,” imbuh laki-laki kelahiran 1977 ini. Ia menegaskan bila, warga harus tetap diedukasi untuk memenuhi persyaratan. Selama ini tidak sedikit warganya yang sering mengajukan permintaan mendadak. Padahal secara birokrasi  semua ada tahapan yang harus ditempuh.

Baginya, mencoba sabar adalah langkah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan warganya. “Buat apa sih marah-marah. Itu juga bukan jalan keluar. Bisa saja malah sama-sama marah,” katanya.  Langkah yang hari ambil ini membuahkan hasil. Pelayanan tetap berjalan, edukasi ke warga pun demikian. Dan ia pun tetap bisa melayani tanpa harus mengeluarkan emosi. Walaupun dampaknya tidak terjadi secara instan. (rie)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>