Tata Cara Sholat Witir 3 Rakaat Sendiri

Sholat witir ialah beribadah sunnah yang disarankan untuk dikerjakan selesai kerjakan sholat-sholat sunnah yang lain saat malam hari. Jadi, sholat witir jadi penutup dari beribadah qiyamul lail, seperti sholat tahajud, sholat hajat serta yang lain, dan sholat tarawih saat malam Merupakan rutinitas bulan Ramadhan. Tidak sama dengan sholat sunnah yang lain, Rasulullah SAW mengajari sholat witir dilaksanakan dengan jumlah rakaat yang ganjil, yaitu bisa satu rakaat saja, tiga rakaat, lima rakaat, sampai optimal 11 rakaat. Saran untuk melakukan sholat witir dapat diketemukan di beberapa hadis. Nabi Muhammad saw sempat bersabda:

“(Sholat) Witir itu ialah hak tiap muslim, siapa yang semakin senang witir lima rakaat, karena itu lakukanlah, serta siapa saja yang semakin senang witir satu rakaat, karena itu lakukanlah,” (Hadis shahih, kisah abu Daud: 1212 serta al-Nasa’i: 1693). Dalam hadis yang lain, diriwayatkan jika Aisyah RA mengatakan: “Rasulullah SAW sholat 11 rakaat antara sholat isya sampai keluar fajar. Beliau salam tiap dua rakaat serta kerjakan sholat witir dengan satu rakaat,” (Hadis Shahih, kisah Muslim: 1216). Waktu pembuatan sholat witir ialah sesudah kerjakan sholat sunnah yang lain, serta bisa pada permulaan malam (setelah isya), tengah malam, atau mendekati waktu subuh.

 Ini sesuai hadis yang meriwayatkan jika Aisyah RA sempat menjelaskan: “Dari tiap malam, Nabi Muhammad SAW sempat kerjakan sholat witir pada permulaan malam, larut malam, akhiran malam, serta usai di saat subuh,” (Hadits shahih, kisah Bukhari:941 serta Muslim: 1230). Sholat Witir pada Bulan Ramadhan Sebetulnya, witir bukan termasuk juga sholat sunnah yang disarankan dikerjakan dengan cara berjamaah. Tetapi, beberapa ulama Mazhab Syafii serta Hanbali, dan beberapa ulama Mazhab Maliki memiliki pendapat, spesial pada bulan Ramadhan, sholat witir sunnah dilaksanakan dengan cara berjamaah. Jadi, sholat witir disarankan ditangani dengan cara berjamaah sesudah tarawih. Walau demikian, saran itu tidak berlaku buat mereka yang merencanakan lakukan sholat tahajud sesudah terjaga dari tidur ditengah-tengah malam. Mereka yang yakini dapat bangkit dari tidur pada larut malam untuk melakukan sholat tahajud serta sholat sunnah lain pada bulan Ramadhan, disarankan lakukan sholat witir sendiri waktu akhir malam. Salah satunya fundamen opini itu adalah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, jika Rasulullah SAW sempat bersabda: “Siapa saja antara kalian yang cemas tidak dapat bangun diakhir malam, sebaiknya dia witir serta baru selanjutnya tidur. Serta siapa yang percaya akan terjaga diakhir malam, sebaiknya dia witir diakhir malam, sebab bacaan diakhir malam didatangi (beberapa Malaikat) serta hal tersebut ialah paling utama,” (Hadis Shahih Muslim Nomor 1256).

Di Indonesia, banyak masyarakat muslim terlatih melakukan sholat tarawih serta witir berjamaah di masjid, pada bulan Ramadhan. Sesaat mereka yang punya niat akan lakukan sholat tahajud pada larut malam, cuma ikuti jamaah tarawih, atau dapat juga masih berjamaah sholat witir dengan niat sholat sunnah muthlaq. Tetapi, pada Ramadhan tahun ini, Kementerian Agama (Kemenag) menyarankan kaum muslim di Indonesia lakukan beribadah di dalam rumah, termasuk juga untuk sholat tarawih serta witir. Saran di Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 itu diedarkan buat menahan penebaran virus corona (Covid-19). Saran ini searah dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14 Tahun 2020. Fatwa MUI membolehkan umat mulim yang ada di teritori dengan kekuatan tinggi penyebaran Covid-19, untuk tinggalkan beribadah jamaah di masjid serta melakukan di dalam rumah.

Beribadah itu termasuk juga sholat jumat (ditukar zuhur di rumah), sholat fardhu atau tarawih berjamaah di masjid. Serta, berdasar Fatwa MUI, bila situasi penyebaran virus corona di satu teritori tidak teratasi lagi serta memberikan ancaman keselamatan jiwa, kaum muslim jangan melakukan beribadah yang menyertakan beberapa orang, termasuk juga sholat jamaah di masjid. Oleh karenanya, kaum muslim di Indonesia bisa melakukan sholat tarawih serta witir semasa bulan Ramadhan 2020 di dalam rumah. Beribadah ini dapat dilaksanakan di dalam rumah dengan berjamaah bersama-sama keluarga pokok atau sendirian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *